Posted by: subpokmandarin | May 16, 2008

KIB Mandarin plus IT

Kelas KIB Mandarin Menengah II telah memasuki hari ke-tiga. Karena tingkat menengah ini merupakan kelas lanjutan yang diikuti oleh siswa dari beberapa angkatan KIB Mandarin sebelumnya, maka pada pertemuan awal ini materi pelajaran yang diberikan masih berupa pengulangan pelajaran. Pengulangan ini dimaksudkan sebagai penyegaran memori siswa terhadap materi pelajaran dasar yang pernah didapat sebelumnya, sekaligus membantu adaptasi siswa terhadap suasana kelas baru.

Pelajaran pertama adalah pelajaran menyimak. Seiring dengan program penggunaan IT di lingkungan Badiklat Dephan dalam kegiatan belajar mengajar, maka materi menyimak kali ini disajikan melalui media mp3, bukan dengan kaset lagi. Penggunaan mp3 player di komputer lebih memudahkan instruktur dalam mengatur dibagian mana akan menghentikan atau mengulang bagian materi yang sedang dibahas, sehingga dinilai lebih efektif dan efisien. Dua jam pelajaran berlangsung lancar dan waktu terasa sangat cepat karena para siswa sangat antusias dan dapat memahami materi yang diajarkan dengan cepat.

Penggunaan IT pada kegiatan belajar KIB Mandarin Menengah juga dalam bentuk pelibatan siswa dalam pengelolaan Weblog Subpok. Para siswa diperkenalkan tentang cara mengetik dalam karakter Han, cara penggunaan media blog dan mempraktekkannya dalam bentuk tulisan pada comment. Para siswa diberi tugas mengisi halaman khusus KIBA 2008 dengan karangan singkat dalam bahasa Mandarin. Untuk mempermudah siswa dalam membuat karangan singkat, maka tema tulisan ditentukan oleh para instruktur. Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin, tiap satu minggu setiap siswa harus mengirimkan satu karangan singkat dalam bahasa Mandarin. Namun sayangnya di kolom comment, ukuran huruf tidak dapat diperbesar sehingga agak kesulitan melihat karakter Han dalam ukuran kecil.

Untuk melatih kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Mandarin, paparan dalam bahasa Mandarin juga akan dilaksanakan sebagai salah satu metode pengajaran. Setiap siswa diwajibkan membuat sebuah konsep paparan dalam media power point, kemudian memaparkannya secara bergiliran dalam kelas.

Sayangnya, penggunaan IT dalam kegiatan pengajaran bahasa Mandarin ini masih terkendala keterbatasan sarana komputer dan infocus / proyekor yang belum tersedia di ruang kelas. Infocus yang ada di Pusdiklat Bahasa sekarang ini baru dua unit, karena penggunaaanya harus bergantian dangan subpok lain dan kegiatan dinas insidental, maka penggunaan infocus untuk kegiatan belajar KIB Mandarin tidak dapat dijadwalkan secara tetap. Sedangkan karena di ruang kelas tidak tersedia komputer, maka pelajaran menyimak yang disampaikan oleh Riyalat laoshi dengan media mp3 masih meminjam laptop milik siswa. Semoga dengan semangat program penerapan IT di Badiklat Dephan sekarang, kendala sarana semacam ini dapat segera teratasi dan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan IT dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.


Responses

  1. Selamat kepada Subpok Mandarin yang sudah memanfaatkan IT untuk proses belajar mengajar, kekurangan sarana pendukung akan kita diskusikan dengan staf, mudah2an akan bisa diatasi secara bertahap. Kalau Kabid Renmin atau Kabid Opsdiklat membaca ini tentu akan mengambil langkah. BTW saya lihat di gambar kok siswanya hanya 6 orang? Apa ada yang belum/tidak datang? Info dong ! Thx.

  2. Siap! Terima kasih Kabadan.
    Siswa yang datang enam orang, sedangkan dari enam calon siswa yang belum datang lima orang diantaranya sudah konfirmasi kepada subpok melalui telepon:
    1 orang sedang persiapan latgab TNI,
    1 orang tidak diizinkan wadan,
    1 orang sakit typhus,
    1 orang diklapa,
    1 orang akan dik secapa
    Sedangkan 1 calon siswa lain belum memberi kabar kepada kami.

    Memang salah satu permasalahan dalam membuka kelas lanjutan adalah kesulitan mencari siswa, yaitu mantan siswa tingkat dasar yang berprestasi dan dapat hadir/mendapat izin dari kesatuan untuk mengikuti kelas Mandarin lanjutan.

    Namun berapa pun jumlah siswa yang dapat hadir, kami subpok Mandarin akan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebaik mungkin sesuai perintah pimpinan.

    Demikian kabadan jawaban dari kami. Terima kasih.

  3. Ni hao, selamat atas upaya anda. Saya seneng deh, tapi kekurangan komputer dan infocus itu seberapa, apa sdh lapor kapus. sapa tau nanti ada peluang lagi. Xie Xie

  4. Nin Hao! Siap Ses! Terima kasih atas perhatian dan kunjungan ke blog subpok Mandarin. Xiexie Nin.

  5. NIN HAO LAOSHIMEN…..BLOG INI APAKAH AKTIF DIMONITOR TERUS?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: